alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Berolahraga di Pagi Hari? Rasakan 5 Manfaat Ini

Eliza Gusmeri Sabtu, 18 September 2021 | 06:45 WIB

Sering Berolahraga di Pagi Hari? Rasakan 5 Manfaat Ini
Lari pagi (Pixabay)

Ada banyak manfaat Olahraga pagi, jadi tidak perlu ragu untuk memulainya.

SuaraBatam.id - Olahraga pagi memiliki beberapa manfaat. Anda dapat melakukannya sebelum bekerja maupun pada saat ada waktu senggang.

Jadi tidak perlu ragu untuk memulainya. Berikut ini keuntungan olahraga pagi dikutip dari situs Healthline.

1. Lebih sedikit gangguan

Olahraga pagi biasanya tidak terlalu rentan terhadap gangguan. Saat pertama kali bangun, Anda belum mulai mengerjakan daftar pekerjaan hari itu. Anda juga cenderung tidak menerima panggilan telepon, pesan teks, dan email.
Dengan gangguan yang lebih sedikit, Anda lebih mungkin untuk melanjutkan latihan.

Baca Juga: 11 Cara Sederhana Cegah Diabetes Melitus, Stop Merokok dan Banyak Minum Air Putih Ya

2. Udara sejuk

Di musim panas, berolahraga di pagi hari akan terasa lebih nyaman. Karena udara akan terasa makin panas saat pukul 10 pagi hingga 3 sore. Dianjurkan untuk menghindari olahraga di luar ruangan selama waktu itu. Jika Anda lebih suka aktivitas luar ruangan, sebaiknya berolahraga di pagi hari.

3. Pilihan makanan lebih sehat

Dalam studi 2018 yang diterbitkan di Jurnal Internasional Obesitas, 2.680 mahasiswa menyelesaikan program latihan 15 minggu. Setiap minggu melibatkan tiga sesi cardio selama 30 menit.

Para siswa tidak diminta untuk mengubah pola makan mereka. Namun, mereka yang mengikuti program membuat pilihan makanan yang lebih sehat, seperti mengurangi makan daging merah dan gorengan.

Baca Juga: Facebook Dukung Perkembangan Komunitas Olahraga Indonesia

Meskipun studi tersebut tidak menguji waktu terbaik dalam sehari untuk berolahraga, temuan menunjukkan bagaimana olahraga dapat menginspirasi pola makan yang lebih sehat. Berolahraga lebih awal dapat mendorong Anda untuk membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga pagi mungkin lebih cocok untuk fluktuasi hormonal tubuh. Kortisol adalah hormon yang membuat Anda tetap terjaga dan waspada. Ini sering disebut hormon stres, tetapi hanya menyebabkan masalah jika jumlahnya terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari dan mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi. Jika Anda memiliki kebiasaan yang sehat, tubuh mungkin lebih siap untuk berolahraga setiap pagi.

5. Lebih banyak energi secara keseluruhan

Olahraga teratur sangat bagus untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Ini meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan. Dengan berolahraga lebih awal, Anda mungkin merasa lebih berenergi sepanjang hari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait