facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas Jangan Salah Alamat, Begini Cara Share Lokasi dari Google Map

Eliza Gusmeri Jum'at, 17 September 2021 | 10:47 WIB

Awas Jangan Salah Alamat, Begini Cara Share Lokasi dari Google Map
Google Map

Dengan layanan ini, pengguna dapat mengirim ke orang lain lokasi untuk mengkoordinasikan pertemuan atau sebagai alat pelacak.

SuaraBatam.id - Share lokasi dari Google Map sangat membantu banyak orang menemukan tempat-tempat yang belum pernah disinggahi.

Sebagai aplikasi navigasi, tentunya punya fitur untuk membagikan lokasi. Dengan layanan ini, pengguna dapat mengirim ke orang lain lokasi untuk mengkoordinasikan pertemuan atau sebagai alat pelacak.

Namun, belum semua orang bisa memaksimalkan penggunaan Google Map untuk mencari lokasi.

Untuk kamu yang belum tahu caranya, ikuti langkah berikut.

Baca Juga: Jubir Kemenhub Minta Maaf Atas Pemitingan Wartawan Saat Kunjungan Budi Karya ke Batam


1. Cara membagikan lokasi Google Maps di Android dan iOS dengan kontak

Jika pengguna ingin membagikan lokasi dengan orang-orang tertentu yang pengguna kenal, pengguna dapat berbagi lokasi dengan kontak yang tersimpan pada ponsel.

Buka aplikasi Google Maps > ketuk ikon profil pengguna di kanan atas > pilih opsi Location Sharing.

Jika ini pertama kalinya pengguna berbagi lokasi, Google Maps akan memberikan pengantar singkat dan memungkinkan pengguna memilih kontak. Setelahnya, klik New Share.

Setelah pengguna memilih kontak, ketuk durasi untuk memilih berapa lama pengguna membagikan info lokasi kepada kontak tersebut. Pengguna dapat menambah waktu dalam kelipatan satu jam atau memilih opsi Until You Turn This Off jika ingin berbagi lokasi tanpa batas waktu.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Batam 17 September 2021, Siap-siap Memasuki Musim Hujan

Jika pengguna ingin berbagi dengan kontak tambahan, klik opsi New Share dan ulangi proses serupa. Untuk berhenti berbagi lokasi, klik opsi status berbagi lalu pilih Stop.


2. Cara membagikan lokasi Google Maps di Android dan iOS menggunakan aplikasi atau tautan

Pengguna dapat membagikan lokasi Google Maps melalui aplikasi pihak ketiga tertentu atau bahkan sebagai tautan umum.

Buka aplikasi Google Maps > ketuk ikon profil pengguna di kanan atas > klik Location Sharing.

Jika ini pertama kalinya pengguna berbagi lokasi, Google Maps akan menampilkan menu kontak yang sama seperti yang disebutkan dalam cara sebelumnya, tetapi layanan juga akan memberikan pengguna opsi untuk berbagi lokasi melalui aplikasi atau tautan, baik secara langsung (di Android) atau dengan mengklik More Options (di iOS).

Setelahnya, pilih aplikasi yang pengguna inginkan untuk berbagi lokasi atau gulir ke bawah hingga pengguna dapat mengetuk salinan tautan untuk dibagikan.

Dalam kedua opsi tersebut, pengguna dapat mengetuk Sharing via Link untuk menyesuaikan durasi tautan atau klik Stop untuk mengakhiri sesi berbagi tautan.

Meskipun berbagi lokasi, namun Google Maps tidak benar-benar membagikan lokasi pengguna secara rinci sehingga pengguna tidak terlalu cemas masalah keamanan.

Itulah cara share lokasi Google Maps baik di Android maupun iOS. Mudah cukup pakai aplikasi bawaannya saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait