alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Lho Jenis dan Model Dapur Menarik untuk Rumah 2021

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Senin, 13 September 2021 | 09:00 WIB

Ini Lho Jenis dan Model Dapur Menarik untuk Rumah 2021
Dapur Aesthetic. (Pexels)

Dapur model rustic memiliki ciri-ciri tampilan tua, natural dan kasar.

SuaraBatam.id - Dapur memanglah ruangan yang mempunyai peranan penting di dalam rumah. Sebab, di dapur akan dibuat berbagai jenis makanan yang nantinya menjadi santapan Anda beserta keluarga. Selain mengutamakan kegunaannya, model dari jenis dapur sendiri tentu juga perlu dipertimbangkan untuk menyamakan konsep interior rumah secara menyeluruh.

Apalagi kalau Anda berhasil membuat dapur dengan model yang Anda inginkan. tentu saja hal itu akan membuat Anda merasa nyaman dan senang ketika sedang memasak di dapur. Nah, sebelum Anda membuat dapur sendiri, berikut ini ada macam-macam bentuk dapur cantik yang bisa menjadi inspirasi Anda sebelum membuat dapur.

7 Jenis Model Dapur Menarik Untuk Rumah 2021

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memang ada berbagai macam bentuk dapur yang difavoritkan oleh banyak orang. Namun, jika ditanya apakah ada rekomendasi jenis-jenis dapur menurut para ahli?

Baca Juga: Intip 7 Potret Rumah Larissa Chou, Nyaman dan Adem Banget Dilat

Tentu saja jawabannya tidak ada. Sebab, model setiap dapur akan dibuat berdasarkan keinginan calon pemilik. Dengan begitu, akan ada banyak sekali model dapur yang ada di dunia ini. Namun, jika dilihat dari konsep dasarnya, jenis dapur bisa dibedakan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa model dasar dari dapur yang umum digunakan.

1. Dapur Model Shabby Chic

Interior shabby chic memang identik dengan unsur shabby, namun tetap stylish dan enak dipandang. Shabby chic tidak hanya cocok untuk dekorasi interior ruang tamu atau kamar tidur saja, tetapi juga untuk model dapur.

Interior yang sering dikaitkan dengan istilah feminim ini memiliki karakter yang lembut dan manis. Pencahayaan dapur ini tidak harus seterang pada model minimalis, Anda bisa menggunakan lampu gantung kuning menyala. Material kayu sangat direkomendasikan untuk furniture.

2. Dapur Model Minimalis

Baca Juga: 9 Potret Rumah Ibunda Luna Maya di Bali: Sejuk, Artsy, Menghadap Laut

Model dapur minimalis merupakan model dapur yang banyak dijumpai saat ini. Ciri khas model dapur ini adalah penggunaan warna-warna netral seperti putih, hitam dan abu-abu. Model ini juga dipengaruhi oleh pilihan furniture. Model furniture yang umumnya digunakan mempunyai garis tegak tanpa adanya lekukan, baik itu lemari maupun meja.

Bahannya bisa terbuat dari plastik, besi, atau permukaan licin lainnya. Jika dibandingkan dengan model lainnya, model dapur minimalis terlihat sangat simpel dan tidak ada hiasan maupun peralatan dapur yang berada di meja dapur. Supaya dapur terlihat berwarna, Anda bisa menggunakan hiasan buah-buahan atau vas bunga di meja.

3. Dapur Model Industrial

Beberapa elemen yang paling terlihat dalam model dapur industrial adalah penggunaan lampu berukuran besar, dinding ekspos, dan besi. Pencahayaan lain tergantung pada lampu biasa atau sinar matahari yang masuk melalui jendela. Model industri ini juga identik dengan dinding bata atau beton ekspos. Terkadang ada model yang mengungkapkan bagian langit-langit.

Pada bagian lantainya, tetap menggunakan keramik yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep interior rumah. Dalam hal furniture, bahan yang paling umum digunakan adalah besi untuk meja, bangku dan rak kompor. Namun, ada juga orang yang memadukan material besi dan kayu pada furniture-nya untuk membuat suasana menjadi lebih hangat.

4. Dapur Model Kontemporer

Secara keseluruhan, dapur kontemporer ini memiliki lemari, meja dapur, atau kitchen island. Peralatan dapur seperti panci, spatula, saringan atau pot disimpan di lemari untuk penataan yang lebih baik. Penempatan furniture pada model dapur kontemporer ini juga sangat mudah tanpa dekorasi yang rumit.

Bahan paling umum digunakan adalah stainless steel karena sangat praktis dibersihkan dan tahan dalam waktu yang lama. Hal ini sejalan dengan gaya hidup masyarakat modern yang bergerak cepat dan sangat praktis. Biasanya dapur kontemporer ini terbuka, sehingga terlihat menyatu dengan ruangan lain.

5. Dapur Model Rustic

Bisa dikatakan dapur model rustic memiliki ciri-ciri tampilan tua, natural dan kasar, karena struktur dan permukaan furniture-nya tidak mengalami proses finishing. Jika Anda membayangkan, Anda mungkin berpikir bahwa model dapur rustic ini akan terlihat jelek daripada elegan. Meskipun model dapur satu ini bisa juga terlihat imut dan menimbulkan kesan masa lalu.

Bahan yang sering digunakan untuk model dapur ini adalah kayu, batu dan logam. Furniture kayu biasanya dibiarkan dalam warna aslinya. Di banyak rumah, langit-langit tetap terlihat, seperti halnya bagian penahan beban tanpa penutup apapun.

6. Dapur Model Skandinavia

Prioritas model dapur Skandinavia adalah fungsionalitas, kebersihan dan keramahan lingkungan. Tampilan model dapur ini cukup bersih dan cerah karena tidak banyak furniture dan dekorasi. Dapur ini didominasi warna putih.

Perabotan dapur yang umum digunakan seperti meja dapur, bangku, lemari atau rak dinding, seluruhnya berwarna putih, baik yang terbuat dari kayu maupun plastik. Pencahayaan juga memainkan peran penting di sini. Jika Anda ingin menambahkan sedikit warna pada dapur ini, Anda bisa meletakkan pot kecil berisi tanaman hijau.

7. Dapur Model Tradisional

Seperti namanya, model dapur ini biasa ditemukan pada rumah dengan konsep kuno. Namun, model ini juga bisa digunakan di rumah-rumah masa kini. Biasanya, dapur tradisional ini didominasi oleh furniture berwarna coklat yang terbuat dari kayu dan ukurannya lebih besar. Oleh karena itu, model dapur ini lebih cocok digunakan pada dapur dengan ukuran besar.

Itu dia bentuk-bentuk dapur dan penjelasannya. Setelah membaca artikel di atas, apakah ada jenis dapur yang Anda favoritkan? Jika iya, segera siapkan dana yang Anda miliki untuk membuat dapur favorit Anda.

Berhubung dapur selalu identik dengan peralatan memasak. Sebab itu penting bagi Anda untuk menyiapkan kitchen set agar peralatan dapur tersebut tersimpan dengan rapi. Nah, buat Anda yang tidak mau ribet, Anda Bisa membeli kitchen set dengan berbagai model estetik di Blibli. Salah satu marketplace yang menawarkan banyak promo menarik.

Baca Juga

Berita Terkait