facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pecinta Tanaman Hias Wajib Punya, Ini 9 Jenis Sirih Gading dengan Corak Cantik

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 10 September 2021 | 13:30 WIB

Pecinta Tanaman Hias Wajib Punya, Ini 9 Jenis Sirih Gading dengan Corak Cantik
Tanaman sirih gading. (Shutterstock)

Beberapa jenis sirih gading ini coraknya menarik perhatian.

SuaraBatam.id - Banyak pecinta tanaman hias yang mulai muncul, bahkan tanaman seperti aglonema hingga sirih gading menjadi perbincangan dan topik hangat. 

Hal ini tentunya terjadi karena munculnya tren baru yakni mengoleksi tanaman hias yang mulai ramai pada tahun 2020 silam.

Salah satu tanaman hias yang tak luput dari incaran para pecinta tanaman hias adalah sirih gading. Tanaman yang dipercaya dapat memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan ini menjadi salah satu tanaman hias paling populer di Indonesia saat ini.

Anda tertarik untuk memelihara sirih gading? Berikut adalah 9 jenis sirih gading yang wajib dimiliki pecinta tanaman hias!

Baca Juga: Selain Bonsai, Ini 7 Tanaman Hias yang Cocok Dipelihara di Ruang Sempit

Jenis Sirih Gading yang Wajib Dimiliki Pecinta Tanaman Hias

Tanaman hias pothos / sirih gading. (Shutterstock)
Tanaman hias sirih gading. (Shutterstock)

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki tanaman hias ini, terlebih dahulu ketahu karakteristik dari masing-masing jenis sirih gading, tentunya agar sesuai dengan selera yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa jenis tanaman sirih gading yang perlu anda ketahui:

1. Sirih gading ungu

Daun berwarna ungu dengan corak garis-garis berwarna putih menjadikan jenis sirih gading satu ini cocok untuk ditempatkan pada ruangan dengan pencahayaan terang. Tujuannya adalah memunculkan kesan teduh pada ruangan.

2. Sirih gading perak

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Hias yang Minim Perawatan, Cocok Buat Anda yang Sibuk

Jenis sirih gading kedua memiliki ciri fisik campuran antara warna hijau dan putih. Bentuknya yang mini menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai dekorasi sudut ruangan.

3. Sirih gading manjula

Jenis ketiga ini dapat tumbuh mencapai dua meter sehingga disarankan untuk meletakkan tanaman ini pada bagian depan rumah sebagai penghias taman.

Tanaman sirih gading. (Shutterstock)
Tanaman sirih gading. (Shutterstock)

4. Sirih gading jessenia

Tanaman yang memiliki nama lain kultivar epipremnum aureum ini menjadi salah satu jenis sirih gading yang paling populer dan banyak diminati. Pasalnya, bentuk daun yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya membuat tanaman ini tampak lebih eksklusif.

5. Sirih gading gletser

Bentuk daun yang menyerupai hati membuat jenis sirih gading gletser menjadi tanaman hias yang cukup diburu para pecinta tanaman. Selain bentuknya yang unik, perpaduan antara warna perak dan abu-abu semakin menambah kesan anggun tanaman ini.

6. Sirih gading philo brazil

Corak daun yang menyerupai bendera Brasil membuat tanaman ini diberi nama serupa. Warna hijau dan kuning yang ada pada jenis sirih gading ini menghadirkan kesan asri dan nyaman.

7. Sirih gading marble

Sekilas jenis yang satu ini memiliki corak warna menyerupai Manjula. Bedanya, sirih gading marble mampu tumbuh dengan subur sampai tinggi maksimal 2 meter.

8. Sirih gading kuning

Jenis ini banyak ditemukan di Indonesia karena bisa tumbuh subur di daerah iklim sedang atau tropis dan subtropis. Selain di Indonesia, tanaman sirih gading kuning juga sering sekali ditemukan Australia Utara, Asia Tenggara, dan daerah sekitarnya.

9. Sirih gading hijau

Walau hanya memiliki corak yang sedikit di permukaan daunnya, jenis sirih gading hijau paling banyak memiliki daun. Daun sirih gading hijau bisa tumbuh dengan lebat apabila dirawat dengan baik.

Dalam merawatnya jenis tanaman ini, lakukan penyiraman secara tepat. Usahakan penyiraman dilakukan secukupnya saja agar tanah tetap lembap. Pemberian pupuk pun bisa dilakukan cukup satu bulan sekali.

Tertarik untuk memiliki salah satu jenis sirih gading di atas? Semoga artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam memilih tanaman sirih gading. Terlebih bagi Anda yang ingin membuat ruangan menjadi sejuk, sirih gading adalah pilihan yang tepat.

(Rima Sekarani Imamun Nissa)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait