alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kecepatan Internet Indonesia Nomor 2 Paling Lelet di ASEAN

Dinar Surya Oktarini Selasa, 07 September 2021 | 16:47 WIB

Kecepatan Internet Indonesia Nomor 2 Paling Lelet di ASEAN
Ilustrasi internet gratis. (Pixabay/foundry)

Kecepatan internet di Indonesia hanya unggul di atas Kamboja.

SuaraBatam.id - Salah satu situs penyedia uji kecepetan koneksi internet milik Ookla, Speedtest mengatakan kecepatan internet Indonesia berada di posisi nomor dua paling bawah di negara ASEAN

Laporan ini diterbitkan dari data berdasarkan Speedtest Intelligence untuk kuartal I dan kuartal II (Q1-Q2) 2021. Disebutkan bahwa kecepatan internet unduh (download) Indonesia berkisar 14,78 Mbps.

Sementara dibandingkan negara ASEAN lain, kecepatan internet Indonesia hanya unggul dari Kamboja sebagai negara terbawah dengan angka 13,96 Mbps.

Ilustrasi internet. (freestock.com)
Ilustrasi internet. (freestock.com)

Sementara posisi teratas ditempati Singapura dengan kecepatan internet mencapai 57,42 Mbps. Di bawah Singapura ada Brunei Darussalam dengan kecepatan 47,02 Mbps.

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Nomor 2 Paling Lelet di ASEAN

Dalam deskripsi yang dipaparkan Speedtest, negara ASEAN yang tercantum sesuai kecepatan internet tertinggi meliputi Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Kamboja.

Sayang Speedtest tidak mencantumkan kecepatan internet negara lain seperti Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia, dan Filipina, yang notabene di atas Indonesia.

Jika dilihat dari grafiknya, kecepatan internet di negara tersebut ada di bawah 40 Mbps dan di atas 14,78 Mbps (kecepatan internet di Indonesia).

Speedtest tidak mencantumkan Myanmar dalam tes kecepatan internet seluler ini. Mereka beralasan bahwa negara tersebut tengah menghadapi situasi politis.

Tak hanya ASEAN, Speedtest juga membandingkan negara mitra mereka seperti Korea Selatan dan India. Korea Selatan memiliki median kecepatan unduh tertinggi selama Q2 2021 dengan 84,12 Mbps. Angka ini lebih tinggi dari Singapura sebagai negara tercepat di ASEAN.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Asean Berpotensi Alami Gelombang Ketiga

Sementara India memiliki kecepatan internet seluler di angka 10,56 Mbps. Angka ini juga lebih rendah dari Indonesia dan Kamboja.

Meski begitu, kecepatan internet Indonesia meningkat jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Pada Q2 2020, kecepatan internet Indonesia naik 4,23 Mbps dari 10,55 Mbps.

(Dicky Prasetya)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait