alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Langkah Mengembalikan Nomor Kontak di WhatsApp yang Hilang

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 03 September 2021 | 07:00 WIB

6 Langkah Mengembalikan Nomor Kontak di WhatsApp yang Hilang
Jika Tidak Memperbaharui Aplikasi WhatsApp, Fitur di Dalamnya Tak Dapat Digunakan

Ada beberapa cara mengembalikan nomor kontak di WhatsApp yang hilang.

SuaraBatam.id - Apabila kehilangan nomor kontak pada aplikasi WhatsApp memang sangat tak mengenakan. Ada beberapa cara mengembalikan nomor kontak di WhatsApp yang hilang

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena saat ini ada beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk menemukan kembali nomor kontak di WhatsApp yang hilang.

Di samping itu tips ini juga akan mencegah kejadian itu terulang kembali. Mengutip dari medcom, berikut ini 6 langkah-langkahnya:

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash)

1. Bersihkan data cache WhatsApp

Baca Juga: Bantah Anti Kritik, Gibran Ingin Warga Langsung WA: Sak Solo Wes Ngerti Nomerku Kabeh

Nomor kontak di WhatsApp yang hilang bisa disebabkan karena cache pada memori ponsel. Cache ini berfungsi untuk menyimpan data sementara. Namun, jika cache ini jarang dibersihkan akan berdampak pada kinerja WhatsApp. Ia akan menjadi lamban.

Ada baiknya kamu cek cache tersebut. Barangkali memang itu penyebabnya. Caranya, kamu masuk ke menu setting, kemudian klik WhatsApp. Setelah terlihat tampilan Apps Info, langsung klik menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache. Jika sudah dilakukan, coba menyalakan ulang ponsel kamu dan periksa kembali kontak kamu di aplikasi WhatsApp.

2. Nyalakan fitur permission

Kamu juga bisa kehilangan nomor kontak WhatsApp karena belum menyalakan fitur permission dalam pengaturan di WhatsApp. Terkadang, kamu akan kehilangan nomor kontak itu, akibat koneksi internet terputus secara tiba-tiba atau pada saat kamu merestart kembali ponselmu secara tidak sengaja.

Ada baiknya kamu menyalakan fitur permission. Di mana setiap tindakan yang dapat merugikan pengguna WhatsApp sebelumnya akan dikonfirmasi izin terlebih dahulu, agar dua kejadian tersebut dapat diantisipasi.

Baca Juga: Cara Sembunyikan Kontak WhatsApp Tanpa Blokir

Caranya adalah kamu buka menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp kamu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait