facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peneliti LIPI Ungkap Potensi Sebaran Virus Corona Melalui Limbah Rumah Tangga

M Nurhadi Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:58 WIB

Peneliti LIPI Ungkap Potensi Sebaran Virus Corona Melalui Limbah Rumah Tangga
Gedung LIPI

"Kita juga melakukan sampling bagaimana air-air yang keluar dari rumah, apakah potensial membawa virus SARS-CoV-2 atau tidak, itu seperti apa," tutur Dawam.

SuaraBatam.id - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian terkait potensi sebaran virus irus SARS-CoV-2 atau virus corona penyebab COVID-19 dalam limbah cair rumah tangga.

"Saat ini kami sedang melakukan penelitian terhadap air-air limbah yang masuk ke instalasi pengolahan air di fasilitas kota, apakah di situ juga akan ada lepasan berupa virus SARS-CoV-2," kata peneliti di Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) LIPI,  Akbar Hanif Dawam Abdullah saat dihubungi ANTARA.

Ia menambahkan, tidak hanya pada limbah padat, seperti masker bekas pakai yang potensial mengandung virus SARS-CoV-2, tapi juga berpotensi ditemukan pada limbah air.

Identifikasi peneliti dari LIPI terkait potensi virus penyebab COVID-19 di dalam limbah cair rumah tangga yang diduga masuk ke salah satu instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Jubir Luhut soal Data Kematian COVID-19 Dihapus

"Kita juga melakukan sampling bagaimana air-air yang keluar dari rumah, apakah potensial membawa virus SARS-CoV-2 atau tidak, itu seperti apa," tuturnya.

Dawam menyebut, ada dugaan l lepasan virus SARS-CoV-2 pada limbah cair tersebut.

Sehingga, penting untuk mengadakan penelitian signifikan terkait potensi keberadaan virus corona penyebab COVID-19 terhadap air limbah yang nantinya masuk ke instalasi pengolahan air limbah.

"Itu perlu penelitian yang serius," ujarnya.

Penelitian yang dimulai pada 2021 tersebut dilakukan di Bandung, Jawa Barat, dan rencananya selesai pada tahun yang sama. Antara

Baca Juga: Perjuangan Seorang Ayah Setelah di-PHK: Saya Ingin Jadi Relawan Covid

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait