alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6.500 Durian Terjual Dalam Festival Panen Raya Online, Petani Raup Untung Puluhan Juta

M Nurhadi Rabu, 04 Agustus 2021 | 14:00 WIB

6.500 Durian Terjual Dalam Festival Panen Raya Online, Petani Raup Untung Puluhan Juta
Lelang Durian (Antara)

"Alhamdulillah, buah durian yang dilelang sekitar 6.500 buah dan telah habis terjual," kata Tasfirani.

SuaraBatam.id - Lelang durian Festival Panen Raya Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat 2021 yang digelar secara daring berhasil meraup untung hingga Rp42 juta. Hasil tersebut langsung diserahkan ke petani guna memberi stimulan di tengah pandemi COVID-19.

"Festival durian secara daring, mekanismenya pertama semua durian berkualitas baik dinilai, kemudian dilelang sesuai dengan hasil urutan kualitasnya, durian kualitas terbaik dilelang dengan harga Rp500 per buah, kemudian diikuti oleh durian- durian lainnya, hingga durian kualitas standar dengan harga Rp6.250 per buah,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kayong Utara Tasfirani, Kamis (4/8/2021).

Lebih jauh ia menyebut, festival yang menjadi kegiatan tahunan tersebut harus dilakukan secara daring lantaran kasus Covid-19 belum menunjukkan perkembangan yang baik.

"Alhamdulillah, buah durian yang dilelang sekitar 6.500 buah dan telah habis terjual," kata dia.

Baca Juga: Viral Aksi Bule Potong Durian Bikin Geregetan, Warganet: Lah, Emangnya Semangka?

Festival panen raya di musim durian di Kayong Utara tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat di tengah melemahnya ekonomi akibat dampak pandemi yang belum berkesudahan.

"Di masa pandemi dan di saat menurunnya daya jual petani dan daya beli masyarakat, harapannya dapat menumbuhkan rasa empati dan berbagi kepada petani yg pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani durian," ujar dia.

Kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Florentinus Anum mengatakan, pemprov sangat mengapresiasi dan menyambut baik Festival Panen Rakyat KKU 2021 karena meningkatkan ekonomi petani durian daerah itu.

"Festival Panen Rakyat yang diinisiasi Polres Kayong Utara dan Pemda KKU ini sangat kami apresiasi. Dalam agenda itu ada kontes dan lelang durian. Melalui kegiatan ini potensi ekonomi dari komoditi durian bisa ditingkatkan," ujarnya.

Dengan adanya kontes durian akan dapat menggali dan mengenalkan durian asal KKU. Ia menyakini durian lokal unggul akan ada dan hanya tinggal digali dan dipromosikan dengan baik.

Baca Juga: Dingin-Dingin Manis, Simak Resep Es Krim Durian Super Mudah

"Saya yakin di KKU ada durian bagus. Nah, dengan kontes tentu potensi itu bisa digali dan dikenalkan. Kalau sudah digali maka ini bisa menambah koleksi durian unggul Kalbar khususnya dari KKU. Dengan begitu juga harga dan gairah petani durian akan semakin baik pula," pungkasnya.

Baca Juga

Berita Terkait