alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Berkalung Bom, Kurt Westergaard Meninggal Dunia

M Nurhadi Selasa, 20 Juli 2021 | 17:26 WIB

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Berkalung Bom, Kurt Westergaard Meninggal Dunia
Kurt Westergaard, warga Denmark pembuat karikatur Nabi Muhammad SAW meninggal dunia [Istimewa]

Westergaard menggambarkan Nabi Muhammad dalam kartun buatannya sebagai sosok menggunakan sorban bom.

SuaraBatam.id - Pembuat kartun Nabi Muhammad asal Denmark hingga memancing amarah umat Muslim sedunia, Kurt Westergaard meninggal dunia di usia 86 tahun.

Media Berlingske pada Minggu (18/7/2021) kemarin menyebut, pihak keluarga menyampaikan Westergaard sempat sakit cukup lama sebelum meninggal dunia.

Westergaard sendiri merupakan seorang kartunis yang sudah bekerja sejak 1980-an di media konservatif Jyllands-Posten. Oa sempat viral pada 2005 lalu usai karya kontroversialnya, yakni gambar kartun Nabi Muhammad di media massa.

Melansir BBC --jaringan Suaracom, Westergaard menggambarkan Nabi Muhammad dalam kartun buatannya sebagai sosok menggunakan sorban bom. Gambar itu diterbitkan sebagai bentuk penyensoran diri dan kritik terhadap Islam.

Baca Juga: Inggris vs Denmark: Menang 2-1, The Three Lions Tantang Italia di Final Euro 2020

Penggambaran sosok Nabi Muhammad dianggap tabu dalam Islam dan menyinggung umat Muslim. Tidak hanya dari masyarakat dunia, kartun Nabi Muhammad itu juga memancing gelombang protes dari masyarakat Denmark sendiri.

Secara bersamaan, pemerintah Denmark menerima keluhan dari duta besar negara-negara mayoritas Muslim. Kemarahan memuncak dalam protes Muslim dunia pada Februari 2006. Kedutaan Denmark diserang dan puluhan orang meninggal dunia.

Seakan tidak berhenti, publikasi kartun Nabi Muhammad kembali terjadi pada 2015 lalu, yang dilakukan oleh majalah Charlie Hebdo, di Perancis. Gelombang protes juga menyambut peluncuran kartun Nabi Muhammad yang dianggap tidak bermoral ini.

Westergaard menerima sejumlah ancaman pembunuhan dan menjadi target upaya pembunuhan usai menerbitkan kartun Nabi Muhammad itu.

Awalnya, ia bersembunyi, tapi kemudian memilih untuk hidup di sebuah rumah yang tidak dirahasikan alamatnya. Namun, guna keamanan, rumahnya dijaga ketat hingga akhirnya ia meninggal dunia.

Baca Juga: Semifinal Euro 2020: Link Live Streaming Inggris vs Denmark dan Susunan Pemain

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait