facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bangunan Penyimpanan Vaksin Covid-19 Terbakar, Kerugian Capai Milyaran Rupiah

M Nurhadi Jum'at, 09 Juli 2021 | 09:06 WIB

Bangunan Penyimpanan Vaksin Covid-19 Terbakar, Kerugian Capai Milyaran Rupiah
Petugas damkar saat berupaya memadamkan kebakaran di Puskesmas Sumur Batu, Kemayoran. (Dok. Sudin Gulkarmat Jakpus)

Lokasi yang terbakar diduga kuat merupakan menyimpan vaksin Covid-19 yakni Puskesmas Sumur Batu dan gudang farmasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

SuaraBatam.id - Puskesmas dan sebuah gudang farmasi di DKI Jakarta terbakar pada Kamis (8/7/2021) malam. Padahal, puskesmas tersebut diduga menyimpan vaksin Covid-19.

Dua lokasi yang terbakar diduga kuat merupakan penyimpanan vaksin Covid-19 yakni di Puskesmas Sumur Batu dan gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Melansir dari Hops.id --jaringan Suara.com, ada hampir seribu ampul vaksin Covid-19 yang turut terbakar di Puskesmas Sumur Batu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Unggul Widodo mengatakan, vaksin Covid-19 yang disimpan di dalam bangunan itu adalah stok untuk Puskesmas Sumur Batu.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca di DKI Jakarta Hari Ini Cerah Berawan

“Iya, sudah habis jatuhnya vaksin-nya karena terbakar,” kata Unggul, Jumat (9/7/2021).

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.53, Kamis (8/7/2021). Mendadak muncul api dari dalam bagian gedung.  Empat mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan api, api berhasil dikendalikan pada pukul 20.16 dan pendinginan pada 20.20.

“Listrik. Mereka bikin kesaksian bahwa penyebabnya listrik. Disemprot nggak mati, malah nyala apinya,” ujar Unggul.

Kebakaran Gudang Farmasi

Kebakaran juga terjadi di gudang farmasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada malam yang sama. Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada pukul 19.17 WIB.

Baca Juga: Puskesmas Sumur Batu Diamuk Si Jago Merah, 1.000 Botol Vaksin Covid-19 Ludes Terbakar

"Untuk kronologi tidak ada yang tahu pasti. Namun menurut saksi dari warga Rusun Cipinang Muara II, api menyala secara tiba-tiba dan langsung membesar secara merata di tiga ruang yang tersekat oleh tembok," kata Gatot Sulaeman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait