alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rahasia Kota Batam Bebas Dari Bencana Alam Gempa Bumi

M Nurhadi Senin, 28 Juni 2021 | 13:59 WIB

Rahasia Kota Batam Bebas Dari Bencana Alam Gempa Bumi
Salah satu tujuan wisata di Batam. (Foto: shutterstock)

Salah satu keunikan Batam yakni sama sekali jarang dan tidak punya riwayat gempa bumi yang besar.

SuaraBatam.id - Kondisi geologi Batam yang jauh dari gunung berapi dan pertemuan lempeng bumi menjadikan pulau metropolitan itu minim resiko bencana alam gempa bumi baik gempa vulkanik maupun gempa tektonik.

Bisa dibilang, Batam sama sekali jarang dan tidak punya riwayat gempa bumi yang besar. Namun, salah satu keunikan Batam yang minim gempa itu bukan berarti bisa dijadikan patokan kalau di pulau itu aman dari segala bencana alam.

Meski tak memiliki gunung berapi, Batam punya daerah perbukitan yang salah satunya dijadikan kawasan ikonik, yakni bukit 'Welcome to Batam'.

Selain itu ada juga beberapa wilayah perbukitan lain di Batam yang bisa jadi spot untuk melihat pemandangan gemerlap Singapura yang berada di seberang. Tak seperti beberapa daerah lain di Indonesia yang terdapat perbukitan karena aktivitas vulkanik gunung berapi, geomorfologi di Batam diyakini bukan karena aktivitas serupa.

Baca Juga: Daftar 3 Gempa Besar Jakarta, Tewaskan Puluhan Orang, Ribuan Orang Luka, Bangunan Hancur

Pengertian Gempa

Gempa tektonik terjadi akibat aktivitas pergerakan tanah di bagian perut bumi di kedalaman tertentu. Kedalaman dan kekuatan gempa yang bervariasi membuat dampak yang dirasakan di permukaan bumi berbeda-beda.

Batam. (Shutterstock)
Batam. (Shutterstock)

Gempa bisa juga berlangsung singkat hanya sekian detik saja, tetapi kadang gempa bisa berlangsung hingga beberapa menit dengan interval tertentu. Itulah sebabnya gempa dengan kekuatan yang kuat bisa memicu gempa susulan.

Kondisi geografis kepulauan Indonesia yang terkenal dengan adanya gunung-gunung aktif memiliki risiko gempa bumi berkekuatan besar. 

Tidak Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, ada juga berada di tiga pertemuan lempeng benua di sepanjang bawah laut selatan Indonesia yang membuat risiko gempa jadi lebih dahsyat. Ketiga lempeng bumi itu adalah lempeng Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur.

Baca Juga: Ramal Akhir Tahun, Denny Darko : Harus Lebih Waspada Jika Bermain di Pantai

Secara teori, letak Batam masih cukup aman dari titik temu tumbukan antar lempeng benua membuat hampir jarang terjadi gempa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait