Infinite Studios Batam, Studio Film Terbesar di Indonesia Terkenal Hingga Mancanegara

Infinite Studios Batam sudah digunakan memproduksi puluhan film, bahkan beberapa di antaranya ada film barat garapan sineas Hollywood dan serial televisi HBO.

M Nurhadi
Jum'at, 18 Juni 2021 | 08:50 WIB
Infinite Studios Batam, Studio Film Terbesar di Indonesia Terkenal Hingga Mancanegara
Soundstage 14K di Infinite Studios Batam (https://www.infinitestudios.com.sg/batam)

SuaraBatam.id - Produksi film pastinya memerlukan satu elemen latar atau set untuk menjadikan film itu hidup. Maka, diciptakanlah rekayasa tempat untuk merekam aksi  dalam film.

Tempat untuk merekayasa set itu tidak lain adalah studio film. Infinite Studios Batam adalah salah satu studio film, yang tidak hanya dikenal di kalangan sineas Indonesia namun juga mancanegara. Tidak hanya sekedar studio film, lokasi ini juga bisa anda datangi sebagai wisata Kota Batam.

Dengan ukuran sekitar satu hektar, studio yang terletak di daerah Nongsa, Batam ini secara administratif berada di bawah manajemen PT Kinema Systrans Multimedia juga disebut Infinite Frameworks (IFW) Studios alias Infinite Studios yang memiliki afiliasi dengan studio yang berada di Singapura.

Sumber daya manusia dan fasilitas yang ada di Infinite Studios Batam pernah mendapat predikat "Centre of excellence" dari pujian Susilo Bambang Yudhoyono semasa menjabat Presiden Indonesia yang waktu itu mengunjunginya bersama beberapa menteri di kabinetnya.

Baca Juga:Profil Zac Efron, Dituding Lakukan Operasi Plastik dan Bikin Pangling

Produksi film Buffalo Boys di Infinite Studios Batam (https://www.infinitestudios.com.sg/batam)
Produksi film Buffalo Boys di Infinite Studios Batam (https://www.infinitestudios.com.sg/batam)

Fasilitas yang dimiliki Infinite Studios Batam ini memangl tak main-main. Mulai dari ruang produksi film dan animasi, workshop untuk membuat set dan properti yang dibutuhkan dalam film, soundstage atau area syuting dalam ruangan, sampai backlot atau area terbuka.

Infinite Studios Batam memiliki dua soundstage besar dengan luas 1.300 meter persegi dan 2.800 meter persegi mirip hanggar di bandara. Bangunan soundstage atau panggung kedap suara yang diklaim terbesar di Indonesia itu berfungsi untuk syuting adegan di dalam ruangan.

Sejak didirikan pada 2005, Infinite Studios Batam sudah digunakan memproduksi puluhan film, bahkan beberapa di antaranya ada film barat garapan sineas Hollywood dan serial televisi HBO.

Produksi film Serangoon Road di Infinite Studios Batam (https://www.infinitestudios.com.sg/batam)
Produksi film Serangoon Road di Infinite Studios Batam (https://www.infinitestudios.com.sg/batam)

Tidak heran jika studio ini pernah digunakan oleh aktor-aktor ternama di kancah film internasional. Selain film yang melibatkan banyak kru lapangan dan set yang cukup rumit, di studio animasi milik Infinite Studios Batam telah digunakan memproduksi beberapa film animasi.

Berdasarkan situs resmi Infinite Studios, ada sederet tayangan yang cukup terkenal bagi kalangan penikmat film dan serial televisi. Di antaranya ada film Dead Mine (2012), Blackhat (2015), Beyond Skyline (2015), Buffalo Boys (2017), Headshot (2017), dan masih banyak lagi. Sementara ada Serangoon Road (2011), Halfworlds 2 Season (2015-2016), dan Grisse (2018) di tayangan serial televisi.

Baca Juga:Setahun Lebih Tutup, Universal Studios Hollywood Kembali Dibuka

Kemegahan dan fasilitas Infinite Studios Batam bukan berarti tidak memiliki pesaing sesama studio film. Di kawasan Asia Tenggara sendiri tidak sedikit studio film yang memiliki fasilitas seperti di Infinite Studios. Hanya saja dari sisi tarif biaya produksi di studio yang awalnya berlokasi di Turi Beach Resort ini terbilang kompetitif.

News

Terkini

Akibatnya sebanyak 30 rumah warga di kawasan itu terendam banjir sejak dua hari terakhir.

News | 20:52 WIB

Saat dipantau suarabatam.id, postingan tersebut sudah dihapus namun sempat terekam situs berita batamnow dan memuat ulang postingannya.

News | 11:29 WIB

Mereka menyebut Air tidak mengalir sejak pagi tadi, Sabtu (21/1/2023). Selain warga Batam Center, warga Nongsa juga mengeluhkan hal yang sama.

News | 17:56 WIB

Misalnya perusahaan persewaan mobil Ace Drive mengatakan bahwa sebanyak 240 unit kendaraan milik mereka sudah penuh dipesan beberapa hari menjelang Imlek.

News | 17:49 WIB

Objek Wisata ini berada di seberang jalan utama depan Kantor Desa Kelumu.

News | 19:38 WIB

Priyono ditahan pada Kamis (19/1/2023) malam, menyusul Rudi Martono yang tempo hari telah lebih dulu digiring Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

News | 19:26 WIB

BRI hanya menggunakan saluran komunikasi resmi milik perusahaan.

News | 10:00 WIB

Petugas Imigrasi akan melakukan pemantauan pada sejumlah pihak- pihak Perusahaan, Instansi- Instansi di Karimun, terutama di pintu keluar masuk.

News | 20:42 WIB

Nelayan tersebut diketahui berasal dari Lingga. Melansir Batamnews, Kasatpolair Polresta Tanjungpinang, AKP Muhammad Akmal menjelaskan mayat itu ditemukan tadi

News | 17:12 WIB

Ansar sangat menyayangkan kejadian itu apalagi dilakukan oleh oknum guru di sekolah tersebut.

News | 13:02 WIB

Lanjut dia, korban kekerasan seksual adalah anak perempuan dengan pelaku paling banyak orang terdekat.

News | 15:38 WIB

Remaja 14 tahun ini mencabuli siswi SD yang berusia 11 tahun.

News | 15:33 WIB

Berselang setelah itu, Bunda Corla memutuskan datang ke Indonesia bertemu fans setianya.

News | 14:53 WIB

Beberapa wilayah pesisir di Kepulauan Riau diprakirakan terdampak banjir rob. Daerah tersebut diantaranya pesisir Karimun, Dabo, Batu Ampar dan Tanjung Uban.

News | 14:44 WIB

Di Instagram-nya, Larissa Chou mengutip qoutes berupa kalimat mutiara diduga sebagai balasan tudingan miring Alvin Faiz.

News | 19:21 WIB
Tampilkan lebih banyak