alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

223 Titik Jamaah Salat Idulfitri di Bintan Bakal Diawasi

M Nurhadi Rabu, 12 Mei 2021 | 20:57 WIB

223 Titik Jamaah Salat Idulfitri di Bintan Bakal Diawasi
Warga Tanjungpinang gelar salat jamaah (Antara)

Pemkab menghimbau pengurus tempat ibadah agar menyiapkan petugas untuk mengawasi dan melaksanakan protokol kesehatan.

SuaraBatam.id - Total 223 titik pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah, meliputi masjid, surau dan lapangan terbuka disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepulauan Riau.

"Pemkab Bintan tak melarang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka," kata Bupati Bintan Apri Sujadi di Bintan, Rabu.

Rincian 232 titik tersebut adalah Kecamatan Bintan Timur 32 titik, Kecamatan SKL 20 titik, Kecamatan Tambelan 6 titik, Kecamatan Gunung Kijang 27 titik, Kecamatan Teluk Sebong 31 titik, Kecamatan Bintan Pesisir 24 titik, Kecamatan Toapaya 22 titik, Kecamatan Teluk Bintan 29 titik, Kecamatan Bintan Utara 18 titik serta Kecamatan Mantang 14 titik.

Masyarakat yang akan menunaikan Shalat Idul Fitri baik di masjid maupun surau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa perlengkapan ibadah sendiri dari rumah, himbaunya.

Baca Juga: 570 Titik Salat Idulfitri Berjamaah Kota Batam Terlengkap

Pemkab juga menghimbau pengurus tempat ibadah agar menyiapkan petugas untuk mengawasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

“Bagi jamaah kita imbau untuk tetap menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri. Untuk takbiran hendaknya dapat dilakukan di masjid atau surau di daerah masing-masing, karena pawai takbir keliling kita tiadakan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Bintan Indra Gunawan menuturkan bahwa dalam melaksanakan ibadah tersebut, baik pengurus dan jamaah wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, di antaranya menyediakan alat pemindai suhu tubuh, handsanitizer, menggunakan masker, membawa sejadah masing-masing, serta tidak berjabat tangan dan menjaga jarak.

“Untuk di masjid-masjid yang terletak di pinggir jalan, kita minta untuk lebih ketat protokol kesehatannya,” katanya.

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Siapkan 7 Titik Antisipasi Kerumunan Saat Salat Id

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait