alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Mudah Kuat Puasa Agar Tak Mudah Kehausan

M Nurhadi Kamis, 15 April 2021 | 04:22 WIB

Tips Mudah Kuat Puasa Agar Tak Mudah Kehausan
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Anda bisa melakukan strategi minum air 2-4-2

SuaraBatam.id - Umumnya, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih. Puasa tentu membuat kita tidak bisa memenuhi hal ini.

Puasa berarti tidak makan maupun minum selama lebih dari 12 jam. Padahal, tubuh tetap beraktivitas dan membutuhkan asupan cairan. 

Lantas, bagaimana cara menjaga asupan cairan tubuh selama berpuasa? Ternyata tidak sulit. Anda bisa coba menerapkan aturan minum air 2-4-2, yaitu pembagian waktu minum air putih selama puasa.  Berikut tipsnya,

2 Gelas Air Putih saat Berbuka

Baca Juga: Kocak, Marbot Masjid Ini Bangunkan Sahur Disebut Mirip Takiya Genji

Agar lebih sehat, biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih baru sebelum menyantap lainnya. Saat berbuka puasa, pastikan untuk minum setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara berkala, sesuai dengan kebutuhan. 

4 Gelas Air Putih saat Makan Malam

Biasakan untuk minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum 4 gelas air putih pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur. 

2 Gelas Air Putih saat Sahur

Saat sahur, dianjurkan untuk minum setidaknya dua gelas air putih. Kamu bisa membaginya, yaitu satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur.

Baca Juga: Kuli Bangunan Jadi Tumbal Proyek, Tuyul 'Dilepas' untuk Bangunkan Sahur

Mengingat pentingnya makanan dan minuman untuk memberi energi tubuh selama puasa, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. Selain itu, jangan lupa minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi. 

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait