alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Para Pedagang Tak Pakai Masker, Pemprov Kepri Upayakan Masker Gratis Rutin

M Nurhadi Rabu, 07 April 2021 | 15:29 WIB

Para Pedagang Tak Pakai Masker, Pemprov Kepri Upayakan Masker Gratis Rutin
Gubernur Kepri Ansar Ahmad berdialog dengan salah seorang pedagang pasar tradisional di Tanjungpinang, Kepri, Jumat (2/4/2020). (FOTO ANTARA/Ogen)

"Kita upayakan setiap 10 hari sekali mereka dapat bantuan satu masker kain sehingga, dalam sebulan pedagang punya tiga masker bersih," ujar Ansar.

SuaraBatam.id - Ketua Satgas COVID-19 yang juga Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad saat ini tengah mengupayakan bantuan masker rutin, terutama bagi para pedagang pasar tradisional di wilayah itu.

"Kita upayakan setiap 10 hari sekali mereka dapat bantuan satu masker kain sehingga, dalam sebulan pedagang punya tiga masker bersih yang bisa dipakai secara bergantian," ujarnya, Rabu (7/4/2021), usai melihat sejumlah pedagang pasar tradisional tidak memakai masker.

Ansar mengaku ada pedagang yang keberatan karena tidak punya masker yang siap digunakan setiap hari. Dengan alasan ini, Satgas COVID-19 bakal memanfaatkan bantuan masker kain dari Yayasan Temasek Singapura untuk membantu memenuhi kebutuhan masker pedagang tradisional di Kepri.

Sehingga, dengan ini diharapkan tak ada lagi alasan pedagang tidak memaskai masker saat berjualan, terlebih mereka rentan terpapar COVID-19 karena setiap hari berhadapan dengan banyak orang/konsumen.

Baca Juga: Asal Berlapis dan Pemakaiannya Benar, Masker Bisa Lindungi hingga 96 Persen

Tidak hanya itu, ia melanjutkan, satgas permanen juga sudah ditempatkan di pasar-pasar tradisional guna mengawasi dan mengedukasi pentingnya protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Gunakan pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat akan risiko terpapar COVID-19 jika tak mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Secara umum, lanjut dia, tingkat kesadaran pedagang maupun pembeli di pasar tradisional sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan sebagai upaya menekan penyebaran pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

Satgas juga fokus melakukan pengawasan protokol kesehatan masyarakat di tempat-tempat keramaian lainnya, seperti pelabuhan, bandara, dan area wisata.

"Kalau kita semua patuhi protokol kesehatan, InsyaAllah terhindar dari penyakit COVID-19," demikian Ansar Ahmad. [Antara]

Baca Juga: Sudah Bayar DP sejak 2016, Kios Pasar Mekarmukti KBB Belum Juga Dibangun

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait