alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

35 Tower Bakal Dibangun Kominfo di Wilayah Kepulauan Riau Pada 2021

M Nurhadi Senin, 15 Maret 2021 | 09:38 WIB

35 Tower Bakal Dibangun Kominfo di Wilayah Kepulauan Riau Pada 2021
Ilustrasi Tower Telekomunikasi [Shutterstock]

"Terbanyak berada di Natuna dan Anambas yang termasuk dalam wilayah terluar, terdepan, tertinggal atau 3 T," kata Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri.

SuaraBatam.id - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Kepri bakal merealisasikan pembangunan 35 tower yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota setempat pada tahun 2021.

"Terbanyak berada di Natuna dan Anambas yang termasuk dalam wilayah terluar, terdepan, tertinggal atau 3 T," kata Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri, Minggu (14/3/2021).

Ia menambahkan, saat ini pembangunan tower tersebut sudah selesai tahap lelang dan Kominfo Kepri segera membantu proses verifikasi lahan yang diusulkan oleh tiap-tiap kabupaten dan kota meski ada kendala di Midai dan Tambelan.

Meski di Midai sudah ada empat tower, ia menyebut perlunya pembangunan lagi karena selama ini masih berupa jaringan 2G dengan pengiriman sinyal melalui satelit yang berbiaya mahal dan tidak stabil.

Baca Juga: Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka, Ternyata Bukan Cuma karena Ilegal

"Karena itu Kepri minta bantuan dana APBN untuk bangun tower dengan jaringan radio," ujarnya.

Terlebih, Zulhendri menyebut, Tambelan lebih dekat dengan base Telkomsel di Singkawang. Jarak dari Tambelan - Singkawang 150 kilometer, sementara Tambelan - Bintan 300 kilometer.

Sehingga, pihaknya menggunakan gelombang radio dari Singkawang lalu di-repeat di Pulau Kabung lantaran jarak efektif tidak boleh lebih dari 90 kilometer dari Pulau Kabung baru ke Tambelan.

"Nantinya akan dibangun satu tower setinggi 72 meter di perbukitan di Tambelan untuk menerima sinyal radio yang dikirim dari Singkawang. Diharapkan ke depan masyarakat di Tambelan dapat menikmati jaringan internet 4G," imbuhnya.

Upaya itu, lanjutnya, diharapkan bisa menopang E-Government untuk fasilitas pemerintahan seperti Bandara, kantor camat, kantor lurah dan instansi vertikal lainnya. Serta menopang usaha masyarakat, meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM. [Antara]

Baca Juga: Daftar Situs yang Diblokir Kominfo Sampai Awal Maret 2021

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait