alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resmi! Dermaga II Telaga Punggur Batam Beroperasi, Ini Rute Barunya

Pebriansyah Ariefana Kamis, 25 Februari 2021 | 20:29 WIB

Resmi! Dermaga II Telaga Punggur Batam Beroperasi, Ini Rute Barunya
Dermaga II Telaga Punggur (Batamnews)

Peresmian yang dihadiri sejumlah pejabat daerah itu dengan membunyikan sirine oleh Menhub.

SuaraBatam.id - Dermaga II Telaga Punggur Batam resmi beroperasi. Dermaga II Telaga Punggur Batam diresmikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi, Kamis (25/2/2021) sore.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi menjelaskan, pembangunan Dermaga II ini menggunakan dana mandiri dari PT ASDP Indonesia, yang totalnya hampir Rp60 miliar.

“Kapasitasnya juga bertambah, sebelumnya di dermaga pertama hanya untuk kapal dengan ukuran 5.000 GT, sekarang menjadi 10.000 GT,” ujarnya.

Peresmian yang dihadiri sejumlah pejabat daerah itu dengan membunyikan sirine oleh Menhub.

Baca Juga: SD dan TK di Batam Masih Dilarang Buka karena COVID-19, Cuma SMP yang Boleh

Budi menuturkan infrastruktur untuk aktivitas kelautan di Kepri mutlak dilaksanakan.

“Transportasi laut antar pulau di Kepri ini, adalah milik masyarakat kebanyakan. Berarti kita tidak boleh menarik benefit yang terlalu tinggi, karena mereka harus sampai di kampungnya atau balik ke Batam untuk bekerja,” ujarnya.

Dengan bertambahnya dermaga di Telaga Punggur ini, Budi menjelaskan bahwa akan ada penambahan jumlah kapasitas trayek dan rute.

Untuk dermaga baru sesuai informasi dipakai untuk pelayaran jarak jauh seperti ke Kuala Tungkal, Tanjungbalai Karimun, Dabo dan Selari.

Budi menyebutkan pembangunan dermaga di Telaga Punggur ini dibangun dengan susah payah, untuk itu dia meminta kepada seluruh pihak untuk menjaga pelabuhan ini.

Baca Juga: Update Covid-19: Batam Kota Kembali Zona Merah

“Biasanya kita pandai membangun, tapi tidak pandai merawat. Rawat secara fisik dan merawat secara bisnisnya agar ini tetap bisa jalan,” ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait