alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Tips Hidup Sehat Jasmani dan Ruhani Ala Rasulullah

M Nurhadi Jum'at, 22 Januari 2021 | 09:09 WIB

8 Tips Hidup Sehat Jasmani dan Ruhani Ala Rasulullah
Ilustrasi madu. (Pixabay/ExplorerBob)

Salah satunya dengan mengontrol emosi.

SuaraBatam.id - Selama hidup, Rasulullah Nabi Muhammad SAW diektahui hanya dua kali sakit. Ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah dan saat menjelang wafatnya beliau.

Menjaga kesehatan tentu sangat direkomendasikan. Sebab, saat sehat, anda bisa beribadah lebih mudah kepada Allah. Bagaimana cara Rasulullah terus menjaga kesehatannya? Berikut tipsnya, dilansir dari Bantennews (jaringan Suara.com),

1. Berpuasa

Rasulullah adalah uswatun hasanah atau sebaik-baik suri tauladan. Dalam banyak hadist dijelaskan bahwa Nabi Muhammad senantiasa melakukan puasa sunnah Senin Kamis.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Selulit dan Cara Memudarkan Tampilannya

Tidak hanya beribadah, puasa sunnah juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.Sejumlah penelitian menyebut, puasa bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

2. Tidak Begadang

Rasulullah tidak pernah memberi contoh umat untuk begadang, terlebih jika begadang karena hal-hal yang tidak berguna. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian bangun pada sepertiga malam untuk bermunajat kepada Allah SWT.

3. Kontrol Emosi

Baca Juga: Hentikan Pertanian Opium, Pemerintah Bihar Sarankan Petani Tanam Serai

Rasulullah juga memberi contoh kepada umat agar tidak mudah marah dan lebih mampu menahan emosi. Kepada salah seorang sahabat, Rasul pernah mengatakan "jangan marah". Bahkan, hal itu beliau ucapkan hingga tiga kali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait