Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akhirnya 2 Pelabuhan Internasional Batam Layani Perjalanan ke Singapura

Pebriansyah Ariefana Rabu, 14 Oktober 2020 | 17:37 WIB

Akhirnya 2 Pelabuhan Internasional Batam Layani Perjalanan ke Singapura
Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin memastikan kesiapan pelabuhan internasional Batam Center menjelang dibukanya kembali pintu masuk ke Singapura. (Suara.com/Ahmad Romadi)

Indonesia dan Singapura telah meresmikan Travel Corridor Arrangement (TCA) atau Reciprocal Green Lane (RGL).

SuaraBatam.id - Indonesia dan Singapura telah meresmikan Travel Corridor Arrangement (TCA) atau Reciprocal Green Lane (RGL). Ketentuan itu akan mulai berlaku pada 26 Oktober 2020 mendatang.

Dua pelabuhan internasional di Batam, yakni Batam Center dan Nongsapura telah disiapkan untuk mendukung program tersebut. Dua pelabuhan ini akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang diterapkan oleh otoritas Singapura.

Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik kebijakan TCA tersebut. Meskipun masih dibatasi hanya untuk para pebisnis saja.

"Tapi ini langkah yang baik, mudah-mudahan nanti ke depan secara bertahap bisa dibuka untuk semua," kata Bahtiar saat meninjau kesiapan Pelabuhan Internasional Batam Center, Rabu (14/10/2020).

Terkait kesiapan pelabuhan, menurut dia tidak ada kendala.

Terlebih lagi Pelabuhan Internasional Batam Center yang selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar internasional.

Saat ini hanya tinggal menyiapkan secara teknis sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sehingga apa yang diberlakukan di Singapura juga akan diberlakukan di Kota Batam.

"Seperti tes PCR, nanti saat mau berangkat harus PCR terlebih dahulu di Batam. Kemudian saat sampai Singapura akan tes PCR lagi. Begitu juga sebaliknya," katanya.

Bahtiar menegaskan pemerintah daerah akan menjalankan setiap kebijakan pemerintah pusat.
Itu sebabnya pihaknya telah memerintahkan Tim Sagas Gugus Tugas Provinsi Kepri dan Kota Batam untuk segera koordinasi menyiapkan apa saja yang masih perlu disiapkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait