Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas! Penggunaan Drone di Kota Batam Kini Wajib Berizin

M Nurhadi Selasa, 29 September 2020 | 13:29 WIB

Awas! Penggunaan Drone di Kota Batam Kini Wajib Berizin
Ilustasi drone.[Unsplash/Jason Blackeye]

TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) membuka pelatihan sekaligus memberikan lisensi (surat izin) penerbang drone.

SuaraBatam.id - Belakangan pengguna pesawat drone atau pesawat tanpa awak semakin meningkat. Entah digunakan untuk kebutuhan pribadi, organisasi hingga instansi pemerintah.

Meski terus meningkat, bila tidak dioperasikan oleh individu yang memiliki ilmu yang mumpuni sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 61, 91, 107 dan PM 37/2020 justru bisa membahayakan orang-orang di sekitar.

Memahami hal ini, pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) membuka pelatihan sekaligus memberikan lisensi (surat izin) kepada penerbang drone di wilayah Batam dan sekitarnya.

Pelatihan pilot drone tersebut direncanakan akan dijalankan pada tanggal 3-4 Oktober 2020 bertempat di Wisata Alam Mukakuning, Batam.

Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Urip Widodo melalui Kadisopsnya mengatakan, pelatihan ini lantaran kian maraknya penggunaan pesawat-pesawat drone dengan berbagai keperluan seperti hobi hingga olahraga.

“Kami akan adakan pelatihan untuk mengeluarkan license bagi para pilot drone mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan bila diterbangkan oleh orang-orang yang tidak paham dengan hukum penerbangan. Apalagi hal itu dilakukan di wilayah KKOP Bandara Hang Nadim,” ujarnya melansir Batamnews (jaringan Suara.com), Selasa (29/9/2020).

Sementara, Kadisops Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo menambahkan, adanya pelatihan secara otomatis membuat peserta menjadi anggota Fasida Batam.

“Registrasi pendaftaran dapat dilakukan dengan cara online pada link https://forms.gle/2Ge5Jr7EE4CfUZVN9,” pungkas  Wardoyo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait