alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KM Surya Hasil Laut Dilaporkan Hilang, Tim Gabungan Lakukan Pencarian

Rizki Nurmansyah Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:15 WIB

KM Surya Hasil Laut Dilaporkan Hilang, Tim Gabungan Lakukan Pencarian
Tim gabungan Basarnas, TNI, dan Polri tengah berkoordinasi melakukan pencarian KM Surya Hasil Laut yang dilaporkan hilang, Selasa (4/8/2020). [Suara.com/Wahyu Kurniawan]

KM Surya Hasil Laut berangkat dari Tebas Pemangkat Pontianak menuju Pangkalbalam dengan muatan buah jeruk.

SuaraBatam.id - Kapal Motor (KM) Surya Hasil Laut dilaporkan hilang setelah mengalami kecelakaan di Pulau Pengiki. Tim gabungan Basarnas, TNI, dan Polri melakukan pencarian pada, Selasa (4/8/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Fazzli mengatakan, tim diarahkan mengunakan kapal KN SAR Karna 246 Babel menuju search area yang telah ditentukan pada Selasa pagi pukul 4.30 WIB.

"Search area dalam operasi pencarian dibagi menjadi 3 yaitu Search Area I di wilayah ALKI 1 sehingga banyak kapal-kapal yang melintas di Search Area I. Untuk itu Kansar PKP melakukan pemapelan melalui SROP ke kapal yang melintas di Search Area I," ujar Fazzli, Selasa (4/8/2020).

Sedangkan untuk Search Area II merupakan daerah nelayan mencari ikan. Sehingga Kansar PKP melakukan pemapelan di Search Area II ke kapal nelayan melalui HNSI di Sungai Liat dan Pangkalbalam.

Baca Juga: Tagar #SaveKeris Trending Twitter, Ada Apa?

Untuk Search Area III berada di wilayah penyisiran KN SAR Karna 246 Babel, sebagai upaya pencarian ini dengan metode penyisiran dengan pola paralel dan track spacing 5 Nm di search area III.

"Luas area pencarian KN SAR Karna ±51,7 NM2 dan di perkirakan memakan waktu penyisiran selama 11 jam dari berangkat hingga kembalinya ke dermaga," ungkap Fazzi.

Sebelumnya Basarnas Babel menerima info kecelakaan Kapal KM Surya Hasil Laut yang lost contact di perairan Pulau Pengiki.

Info awal diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak yang kemudian disampaikan diterima kepada Baharudin selaku pemilik kapal.

Informasi yang diterima bahwa pada 25 Juli 2020 pukul 23:30 WIB KM Surya Hasil Laut GT 10 dan KM Mandala Putri berangkat dari Tebas Pemangkat Pontianak menuju Pangkalbalam dengan muatan buah jeruk, yang sudah diperkirakan tiba di Pangkalnalam Bangka pada 28 Juli 2020 pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Viral Video Orang Rusak Keris, Publik: Kenapa Bawa-bawa Takbir?

Namun, pada tanggal 26 Juli 2020 Pkl 11.00 WIB komunikasi terakhir antara owner dengan KM Surya Hasil Laut yang menginformasikan KM Surya Hasil Laut berada pada Jarak 30 Nm di sebelah barat Pulau Pengiki.

Baca Juga

Berita Terkait