Dinar Surya Oktarini
Calon pembeli memilih tanaman kaktus mini di Kampung Kaktus Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (6/10/2020). [ANTARA FOTO/Nova Wahyudi]

SuaraBatam.id - Banyak orang Indonesia yang memelihara buah kaktus atau dalam bahasa latin disebut opuntia coccinellifera fruit.

Padahal, buah menggemaskan itu terbukti memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit lho!

Jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di wilayah gurun ini, apabila diekstraksi atau diambil bahan aktifnya, mengandung segudang manfaat untuk perawatan kulit.

Manfaat ekstrak buah kaktus berfungsi sebagai antiaging, menghidrasi, antimicroba, detoks, hingga meredakan jerawat.

Baca Juga: Jarang Dibahas, Ini 4 Manfaat Buah Kaktus untuk Perawatan Kulit

Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract.

Buah kaktus (Dok. AYSI Skincare)

Ini karena, opuntia coccinellifera fruit extract dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga masalah kulit wajah.

Ekstra buah kaktus memiliki kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan.

Dikarenakan kaktus hidup di area padang pasir yang kering dan gersang sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Berikut ini, empat manfaat ekstrak buah kaktus untuk kulit, mengutip siaran pers AYSI Skincare yang diterima suara.com, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Menyegarkan Tubuh, Coba Yuk Sabun Organik Multifungsi Beraroma Cherry Blossoms Ini

1. Menghidrasi dan melembapkan kulit
Kulit rentan mengalami dehidrasi jika kelembapannya tidak terjaga. Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada dalam opuntia coccinellifera fruit extract atau ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembab dan kenyal.

Sehingga singkatnya ekstak buah kaktus sangat cocok digunakan untuk karakter kulit kering.

2. Meredakan Jerawat
Ekstrak buah kaktus juga ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish.

“Berkat kandungan antiinflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7 hingga 10 hari,” kata dr. Ruri.

3. Antiaging atau antipenuaan
Ekstrak buah kaktus mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum atau lapisan kulit atas.

Hasilnya kandungan ini memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses aging meski manfaat antioksidan di dalamnya kadang tidak terasa perubahannya.

 4. Antiinflamasi atau peradangan
Inflamasi peradangan akibat jerawat jadi masalah umum yang sering dialami, namun kandungan antiinflamasi dalam ekstrak buah kaktus bisa menenangkan kulit, sehingga bekas jerawat lebih mudah hilang.

Namun, bagi pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus. Sebab, dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

“Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” kata dr. Ruri.

(Dini Afrianti Efendi)

Komentar