Ririn Indriani | Lilis Varwati
Gli, Kucing Penjaga Hagia Sophia Tutup Usia, Warga Dunia Berduka. (Instagram/@hagiasophiacat)

SuaraBatam.id - Gli si kucing menggemaskan yang tinggal di Masjid Hagia Sophia Istanbul, meninggal dunia pada usia 16 tahun. Gli meninggal setelah dirawat di klinik hewan karena sakit.

Kucing terkenal di dunia itu telah menjadikan Hagia Sophia seakan miliknya dan menjadi bagian dari sejarah masjid ikonik di Turki itu.

"Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta Levent (Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya," kata Ali Yerlikaya, walikota kota metropolis Turki, melalui akun Twitter-nya dilansir TRT World, Minggu (8/11/2020).

"Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli," kata Yerlikaya, memposting foto kucing Gli.

Baca Juga: Gli, Kucing Penjaga Hagia Sophia Tutup Usia, Warga Dunia Berduka

Ia tak bisa menyembunyikan kesedihannya dan mengatakan bahwa dia sangat sedih.

Dilansir dari situs TRTworld, awal tahun ini, ketika Hagia Sophia beralih dari museum kembali ke masjid, Gli tidak terpengaruh dengan keriuhan itu. Harta karun arsitektur itu selalu menjadi rumahnya.

Pelaksanaan shalat Jumat pada 24 Juli di Hagia Sophia menandai ibadah Muslim pertama di sana dalam waktu 86 tahun.

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, dan masjid dari tahun 1453 hingga 1934 - hampir 500 tahun. Yang terbaru sebagai museum selama 86 tahun.

Dan selama beberapa tahun terakhir, itu berfungsi sebagai rumah bagi Gli, yang tidak akan dilupakan dalam struktur megahnya.

Baca Juga: Gli, Kucing Penjaga Masjid Hagia Sophia Meninggal di Usia 16 Tahun

Komentar