Batam

Gubernur Kepri Positif Corona, 590 Orang Sudah Jalani Tes Swab

Kegiatan tersebut dilakukan kepada masyarakat yang memiliki kontak erat dan mengikuti kegiatan bersama Isdianto.

Husna Rahmayunita

Isdianto saat dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif oleh Presiden Joko Widodo, Senin (27/7). (Foto: Sekretariat Kabinet--Batamnews)
Isdianto saat dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif oleh Presiden Joko Widodo, Senin (27/7). (Foto: Sekretariat Kabinet--Batamnews)

SuaraBatam.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto dinyatakan terpapar Covid-19. Sebanyak 590 orang telah menjalani tes swab pascakabar tersebut.

Isdianto sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 diduga tertular dari ajudannya yang berinisial DPS.

Dampak dari kejadian itu, sejumlah masyarakat, aparat dan penjabat di lingkungan Pemprov Kepri menjalani tes swab di posko RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang selama tiga hari terakhir.

Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan kepada masyarakat yang memiliki kontak erat dan mengikuti kegiatan bersama Isdianto.

Diwartakan Batamnews.co.id--jaringan Suara.com, anggota Polri Tanjungpinang merupakan klaster Bhayangkara juga turut melakukan tes swab.

"Tes swab hari pertama pada hari Kamis (30/7) ada sebanyak 93 orang," ujar Sekda Kepri, TS Arif Fadillah saat melaporkan hasil swab, Sabtu (1/8/2020).

Selanjutnya laporan pada hari kedua yakni pada hari Jumat (31/7) atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2020, tercatat ada 124 orang menjalani tes swab di swab RSUP Raja Ahmad Tabib.

"Ada peningkatan hasil swab hari kedua dari hari sebelumnya, hal ini karena pemprov dan tim gugus tugas Covid-19 aktif menginformasikan ke masyarakat agar melakukan swab," sambungnya.

Arif menambahkan, peningkatan jumlah masyarakat yang di swab semakin banyak pada hari ketiga yakni Sabtu (1/8)

"Hari ketiga posko swab di RSUP berjumlah 373 orang. Sehingga total dari hari pertama hingga hari ke tiga berjumlah 590 orang," tandasnya.

Lebih lanjut, Ketua harian tim gugus tugas Covid-19 Kepri tersebut mengatakan pemeriksaan swab ini rencananya terus dilanjutkan hingga beberapa hari ke depan.

Untuk diketahui, Gubernur Kepri positif corona usai menjalani acara pelantikan di Jakarta pada Senin (27/7/2020).

Mengenai hal itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono memastikan, acara pelantikan Gubernur Kepri telah melalui sejumlah protokol kesehatan secara ketat.

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta,” ujarnya, Sabtu (1/8).

Selain itu, Heru menyampaikan pihaknya terlebih dahulu melakukan uji swab baik kepada pihak yang akan dilantik, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini