Batam

Kurban Ratusan Hewan, MUI Batam Dukung Putra Siregar Pecahkan Rekor MURI

"Kita bersyukur kepada Allah ada hamba-hamba Allah seperti Putra Siregar yang memiliki kedermawaan dan jiwa sosial yang tinggi," ungkap Usman

Husna Rahmayunita

Putra Siregar. (Instagram/@putrasiregarr77)
Putra Siregar. (Instagram/@putrasiregarr77)

SuaraBatam.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam menyambut baik rencana YouTuber Putra Siregar yang hendak mengurbankan 350 hewan di Hari Raya Idul Adha 1441.

Ketua MUI Batam, Usman Ahmad menuturkan pihaknya mendukung kegiatan tersebut. Ia bersyukur melihat kebaikan yang ditunjukkan orang berjiwa sosial tinggi.

"Kita bersyukur kepada Allah ada hamba-hamba Allah seperti Putra Siregar yang memiliki kedermawaan dan jiwa sosial yang tinggi," ungkap Usman kepada Batamnews.co.id--jaringan Suara.com, Sabtu (25/7/2020).

"Seperti yang disabdakan Rasulullah, ada empat pilar kekuatan bumi diantaranya kedermawanan orang kaya, doanya orang mukhoroh, adilnya pemimpin dan ilmunya ulama," sambungnya.

Usman menyampaikan harapan semoga para dermawan mendapat kelancaran rezeki. Selain itu, rezeki yang diperoleh dari jalan dan cara yang halal.

Lebih lanjut, kata Usman, dalam islam, kurban dilaksanakan setelah salat ied.

"Kurban dalam syariat sudah diatur untuk satu orang satu ekor kambing, satu ekor sapi untuk tujuh orang, tapi ada orang yang peka dan murah hati, mudah-mudahan hewan kurban ini diserahkan ke karyawan dan karyawan bisa mengajak tetangga, orangtua, dan lainnya," ujar dia.

Ia pun menyampaikan pesan, supaya syarat-syarat berkurban terpenuhi. Baik usia hewan kurban, kesehatannya, serta penerima hewan kurban.

"Pemotong hewan kurban juga harus orang berpengalaman, dan itu sangat penting," terangnya.

Usman mendoakan agar Putra Siregar selalay diberi kesehatan dan diberkahi usahanya.

Sementara, pemotongan hewan kurban rencananya dihadiri Plt Gubernur Kepri, Wali Kota Batam dan Ketua MUI Kota Batam.

Prosesi tersebut juga akan disiarkan langsung di media sosial.

Putra Siregar berkurban 350 hewan

Putra Siregar, seorang YouTuber asal Batam mendadak menjadi sorotan lantaran berencana berkurban 350 hewan di Hari Raya Idul Adha 1441 H yang akan dirayakan pada 31 Juli 2020 mendatang.

Bahkan, Putra digadang-gadang bakal memecahkan rekor dengan catatan hewan kurban terbanyak di Indonesia.

Youtuber sekaligus pengusaha muda itu mengaku berkurban lantaran ingin menunjukkan kepedulian terhadap sesama, khususnya masyarakat kurang mampu.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat di Batam dan seluruh Indonesia," ujar Putra.

Selain itu, ia juga mengatakan berkurban merupakan wujud syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan kepadanya.

Putra Siregar sendiri berhasil meraih kesuksesan selepas merintis karier dari nol, mulai dari mengamen, menjual parfum keliling hingga menjual hp bekas.

Atas kegigihannya, ia kini memiliki ratusan karyawan yang bekerja di seluruh Indonesia. Sementara di dunia YouTube, Putra memiliki 1,41 juta subscriber yang setia menonton karyanya.

Cetak Rekor MURI

Rencana Putra Siregar yang berkurban 350 hewan akan dicatatkan oleh Museum Rekor Indonesia.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Project Manager "Kurban Putra Siregar Peduli", Nurul Syafitri.

Menurutnya, akan ada pemecahan rekor MURI, dengan kategori penyembelihan hewan kurban terbanyak dari sejumlah masjid, selain itu pembagian paket kurban oleh ojek online terbanyak.

"Jadi ada dua kategori," kata Nurul.

Nurul juga menerangan pihak MURI telah memberikan surat persetujuan atas pemecahan rekor Putra Siregar ini.

Berita Terkait

Berita Terkini